KRlMINALITAS SEMAKIN MARAK DI MANA JAMINAN KEAMANAN NEGARA

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

KRlMINALITAS SEMAKIN MARAK DI MANA JAMINAN KEAMANAN NEGARA

Oleh Sumisih

Kontributor Suara Inqilabi 

 

Makin hari kriminalitas makin mengerikan, di mana setiap hari di temukan kasus kriminal. Ini terjadi sekitar kita .Di berbagai pelosok negri baik di kota dan di desa.Kejahatan bisa terjadi mana saja.Di rumah, di jalan,di tempat kost.Sehingga kehidupan kita tidak tenang,rasa takut akan kejadian yang bisa menimpa kita kapan saja.

Tindak kriminal di negri ini kian beragam mulai dari penjualan anak,pembunuhan,sosial( prostitusi) , pencurian,begal,tawuran,geng motor,pemerkosaan,dan penganiayaan.Seolah- olah nyawa manusia tidak ada harganya.Hampir setiap hari kita mendengar pemberitaan kriminal.lewat media. Seperti kasus di Sleman yang menggemparkan,pembunuhan dan di mutilasi di temukan di sungai Bedog,Bangunkerto,Turi,Sleman ,DIY Rabu(12/7/23).

Dalam penyelidikan kepolisian Daerah Yogyakarta yang menemukan potongan tubuh korban di beberapa titik. Juga kasus penganiayaan di Muara Enim( Sumsel) Nagih hutang berujung kematian kasus tersebut terjadi di rumah korban di kecamatan Gunung Megang Senin(10/7/23) berdasarkan laporan Kapolres Muara Enim AKBP Andik Supriyadi.

Ini terjadi karena lemahnya faktor individu( karena kemiskinan, lemah iman menjadi rakus) hari ini Agama di anggap sebagai ritual belaka padahal dalam Islam agama ada aturanya, kita dalam mengarungi kehidupan di dunia hari ini banyak manusia tidak memahami hukum tersebut,karena sudah memisahkan Agama dari kehidupan.

Lemahnya penegakan hukum yang ada di negeri ini.Banyak Undang- undang atau hukum yang berkaitan dengan tindak kriminal tidak menjadikan efek jera. Karena sanksi hukum tebang pilih.Yang punya kekuatan bisa ringan .Sehingga wajar tindak kriminal terus meningkat.

Kriminalitas yang terjadi di negeri ini juga akibat pengaruh diterapkannya sistem sekuler kapitalisme.Yang menjadikan manusia matre,sehingga menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang di inginkan.Juga akibat memisahkan Agama dari kehidupan di dunia.Hilanglah iman,lunturlah ketakwaan kepada sang Khaliq.Agama di anggap ibadah saja, sehingga merasa biasa saja ketika melakukan kejahatan.

Dalam Islam memiliki solusi untuk mengatasi kriminalitas dan mempunyai sistem hukum yang tegas, adil dan mempunyai efek jera.Bila mencuri akan di potong tangan bila sesuai ketentuan,pembunuh juga akan di bunuh atau jika dimaafkan harus membayar diyat yang berat.Sehingga pelaku kejahatan akan berfikir ulang kalau mau melakukan kriminal.Dalam sistem Islam masyarakat akan di bina di jaga di awasi di cukupi kebutuhanya. Umat di perintahkan untuk taat kepada Allah dan syariatnya. Menjadikan seluruh individunya bertakwa dan berkepribadian Islam maka tindakan kriminalitas pasti di jauhi.

Maka di sinilah perlunya di terapkan sistem Islam yang datangnya dari Allah SWT.Sehingga tindak kriminal bisa di hilangkan, nyawa manusia bisa terjaga dan keamanan di jamin oleh negara.Ini tugas kita bersama untuk memahamkan Islam dan aturanya di tengah masyarakat.Dan aturan Islam bisa di tegakkan,sehingga menjadi Rahmat seluruh Alam amin

 

Wallahu’alam bishshawwab.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *