Kajian Genius SulTan, Value Seorang Muslimah

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Kajian Genius SulTan, Value Seorang Muslimah

 

Oleh. Aisyah Yusuf

Pemerhati Pendidikan Remaja

 

Alhamdulilah, acara kajian remaja muslimah di daerah Subang, telah digelar. Acara yang diselenggarakan pada tanggal, 27 Agustus 2023 ini. Yaitu, tepatnya di daerah Kampung Legok barong Rt 06/rw 03 Desa Pusaka mulya Kec. Kiarapedes mesjid Al-Aqobah. Acara kajian muslimah ini dilaksanakan oleh Yayasan Taman Hati.

Tepat pukul sembilan waktu setempat banyak para muslimah yang datang untuk menghadiri kajian tersebut. Mereka terdiri dari remaja-remaja muslimah dan kaum Ibu-Ibu, dari berbagai daerah. Peserta kali ini bukan hanya dari asal tempat kajian saja, tapi dari daerah sekitarnya, seperti Karawang, Purwakarta dan Cikampek.

Kajian tersebut diselenggaraakan atas kerja sama Komunitas Taman Hati (KoHaTi) bersama Genius Akhwat Subang Selatan (Genius SulTan). Dengan mengambil Tema “Value Seorang Muslimah”. Kajian kali ini disampaikan oleh Pemateri yang sangat memperhatikan kondisi remaja muslimah, yaitu Ustdh Aisyah Yusuf.

Dalam materi tersebut disampaikan bahwa bagaimana seorang wanita memiliki sebuah nilai. Materi ini disampaikan pemateri dengan mengemukakan fakta terlebih dahulu. Yaitu tentang bagaimana pandangan barat memberikan stigma-stigma negatif terhadap ajaran Islam kepada para wanita.

Dalam pemaparannya, orang-orang barat ini menilai bahwa ajaran Islam senantiasa selalu. Pertama, Memasung kebebasan wanita. Kedua, selalu menomor duakan wanita. Ketiga, Memposisikan wanita dalam keterbelakangan.

Kemudian pemateri menggambarkan bagaimana Islam memandang wanita. Dalam pemaparannya, pemateri menegaskan bahwa Islam adalah agama Rahmatan Lil alamin. Ditegaskan pula jangankan manusia, binatang sekecil apapun itu dijaga dan dilindungi dalam Islam, apalagi wanita.

Kemudian pemateri menyampaikan bagaimana pandangan Islam terhadap perempuan, diantaranya adalah :

1. Islam Memulyakan perempuan

2. Islam memposisikan Wanita pada posisi terhormat

3. Islam memanusiakan manusia, salah satunya Wanita.

Kondisi peserta pun sangat antusias menyimak pemaparan tersebut, dengan adanya forum diskusi. Dan sebelum acara ditutup, pemateri menyampaikaan sebuah qoute yang berisi.

“Jadilah seorang Muslimah yang beriman dan berilmu, karena dengan itu akan meningkatkan value muslimah”.

Dan, ” Dunia itu Perhiasan dan perhiasan terbaik adalah Wanita soliha”.

 

Wallahu a’lam bishshowab.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *