Ungu…Oh Ungu

Oleh : Widi Yanti

Kalau melihat warna ini rasanya serasa penyejuk jiwa. Langsung girang seketika. Warna ungu di mana saja dan dalam bentuk benda apapun.

Jika melihat kain berwarna ungu rasanya ingin memiliki. Rasanya saat memilih pakaian dan semua peralatan paling menarik adalah warna ungu. Sampai-sampai orang terdekat bilang, “Tidak ada warna lainkah?”. Aku hanya bisa tersenyum. Akhirnya pasrah untuk memilih barang minta beliaunya saja. Karena kalau aku yang memilih maka akan ada unsur ungu dari semua benda yang kubeli.

Makanan yang mengandung unsur warna ungu, seakan sayang untuk dimakan. Karena ungu enak dilihat. Tidak peduli apa yang dikatakan banyak orang bahwa ungu adalah warna janda. Bagiku itu hanya pendapat orang, ungu tetap dihati.

Dari sebuah artikel menyebutkan bahwa warna ungu memadukan stabilitas warna biru yang tenang dan energi merah yang kuat. Dalam pandangan umum, warna ungu sering dikaitkan dengan royalti, kemuliaan, kemewahan, kekuatan, dan ambisi. Selain itu, ungu (purple) juga mewakili makna kekayaan, glamor, kreativitas, kebijaksanaan, martabat, keagungan, pengabdian, kedamaian, kebanggaan, misteri, kemandirian, dan magis.

Warna ungu memiliki berbagai efek pada pikiran dan tubuh kita, termasuk energi yang membangkitkan semangat, menenangkan pikiran dan saraf, meningkatkan kesan hening, menciptakan perasaan spiritualitas, meningkatkan kecenderungan dan sensitivitas pengasuhan, dan mendorong imajinasi dan kreativitas.

Bagiku rasa suka akan warna ungu tidak perlu mencari sebab dari sudut psikologis ataupun yang lainnya. Cukup hanya sekadar suka dan suka. Titik. Sulit untuk menjelaskan kenapa harus warna ungu. Bagiku suka akan warna tertentu itu sesuai fitrahnya manusia. Karena itu boleh-boleh saja. Aku suka sekali warna ungu. Bagaimana denganmu?

Malang, 18 Oktober 2019

#nubar
#nulisbareng
#level4
#berkreasilewataksara
#menulismengabadikankebaikan
#week3
#RNB6
#rumahmediagrup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *