Survei LSI: Maraknya Demonstrasi Akibat Turunnya Kepercayaan Kepada DPR

SuaraInqilabi– Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat demonstrasi belakangan ini berdampak terhadap pandangan publik terhadap DPR dan pemerintah. Demonstrasi tersebut menolak Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan, sejak demonstrasi bergulir yang berujung kerusuhan itu menyebabkan tingkat kepercayaan publik terhadap DPR menurun. Sementara tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah meningkat.

“Tingkat kepercayaan publik kepada DPR yamg baru saja dilantik ini dan tentu saja terpengaruh oleh DPR lama itu di angka 40 persen, rendah sekali. DPR pada bulan lalu pernah memperoleh kepercayaan diangka 50-60 persen, tapi ini rendah sekali,” ujar Djayadi ketika memaparkan hasil survei LSI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2019).

Dia mengatakan, dalam survei tersebut, tingkat kepercayaan terhadap presiden 71 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan terhadap KPK 72 persen dan tingkat kepercayaan terhadap DPR hanya 40 persen.

“Apabila presiden dan KPK melakukan sesuatu, kalau dilihat di sini akan jauh lebih dipercaya oleh publik dibandingkan dengan DPR karena tingkat kepercayaan kepada DPR saat ini ada di angka 40 persen,” ucapnya. [] Aditya Pratama

[iNews]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *