Senyum Itu Sedekah

Oleh: Atikah Qorriaina Muadzah (Siswi Kelas 3 SPB HSG SD Khoiru Ummah Paiton)

Pada suatu hari, ada anak bernama Fatin. Saat itu dia sedang berada di perpustakaan. Dia di perpustakaan karena menemani kakaknya yang bernama Faiza sedang mengerjakan PR. Sambil menunggu sang kakak, dia mencari buku untuk dibaca. Disusuri tiap rak, dia menemukan buku yang berjudul Senyum Itu Sedekah.

Dengan antusias, dia mendekati sang kakak, lalu berkata kepada Faizah “Apa betul senyum itu shodaqoh? Apa maksudnya Kak?”

Kak Faizah menoleh dan berkata “Bentar ya dek, kakak lagi sibuk ini,” lalu Faiza lanjut menulis di buku tulis.

Fatin hanya terdiam, lalu tiba-tiba terdengar bunyi, “Tingnung perpustakaan akan segera ditutup mohon rapikan barang-barang anda jangan sampai ada yang tertinggal.”

Kemudian orang-orang segera merapikan buku masing-masing, sementara Faiza belum menyelesaikan PRnya. Maka kak Faiza meminjam buku perpus dan Fatin berkata, “Kak sekalian aku pinjam buku ini,” disodorkan buku itu pada kakaknya.

Lalu Faiza menjawab, “Iya,” diambilnya buku yang hendak dipinjam Fatin.

Setelah selesai, mereka pulang ke rumah. Fatin bertanya, “Apa senyum itu shadaqah?” namun Faizah tidak menjawab.

Saat itu Fatin dipanggil oleh ummi untuk makan nasi goreng. Fatin makan dengan lahapnya, setelah itu Fatin bertanya pada ummi, “Apa senyum itu shodaqoh?”

Ummi menjawab, “Menampakkan wajah bahagia dan tersenyum adalah salah satu bentuk pahala yang paling mudah untuk dilakukan. Apabila bertemu dengan sesama muslim ganjarannya berupa pahala bersedekah. Jadi senyumlah!”

Penjelasan ummi selalu diingat Fatin. Kemudian Fatin selalu tersenyum jika bertemu dengan seseorang agar mendapat pahala shodaqoh.

Hadits tentang senyum:

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu” (HR. Tirmidzi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *