Semua Negara Takut Corona, Rakyat Indonesia Malah Serbu Singapura

Singapura -SuaraInqilabi- Indonesia menjadi penyumbang turis terbesar kedua bagi Singapura setelah China. Di saat limbung karena virus Corona, Singapura lega turis Indonesia loyal.

Dari data Singapore Tourism Board (STB), total turis Indonesia yang berlibur ke Singapura tumbuh 3% atau menjadi 3,11 juta orang pada 2019.

“Pasar Indonesia sangatlah penting selepas China. Sumber penerimaan dan kuantitasnya,” kata John Gregory Conceicao, executive director Southeast Asia STB dalam acara Year-In-Review 2019: Media & Trade Gathering, Selasa (18/2/2020).

“Grafik analisisnya konsisten. Orang lain takut karena Corona tapi orang Indonesia masih tetap saja ke Singapura. Kita yakin pertumbuhan akan naik lagi,” dia menambahkan.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang turisnya gemar berbelanja jika ke Singapura. Di sisi lain, ada pertambahan jumlah turis Indonesia yang menggunakan maskapai Singapura.

“Pada Januari hingga September 2019, angka pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai SGD 2,26 miliar dengan pertumbuhan 6%, pertumbuhan absolut tertinggi secara year-on-year dalam devisa sektor pariwisata, di luar dari Sightseeing, Entertainment and Gaming (TR ex-SEG),” kata John.

Virus Corona tak bikin Singapura menghentikan berbagai promo bagi turis Indonesia. Pemberlakuannya ada di beberapa di travel fair, yakni di Jakarta hingga Surabaya.

Bagaimana strategi pariwisata Singapura ke depan untuk menggaet turis Indonesia?

“Kita tak hanya menjalin kerja sama dengan agen travel konvensional tapi juga dengan online agent travel (OTA) dan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia,” terang John.

Selama 2019, kunjungan turis ke Singapura mengalami pertumbuhan diikuti pengeluaran. Sudah berlangsung selama empat tahun, total kunjungan turis mencapai 19,1 juta orang dengan total penerimaan sebesar SGD 27,1 miliar. [] dtk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *