Ribuan Massa Hadir dalam Aksi Solidaritas Bela Uyghur di Surabaya

Surabaya-SuaraInqilabi– Ribuan massa dari Aliansi Umat Islam mengepung Konjen Republik Rakyat China dalam rangka memprotes tindakan pelanggaran HAM terhadap etnis Uighur di wilayah Turkistan Timur (Xinjiang), Jumat, (27/12/2019).

Massa berdatangan dari berbagai wilayah di Jawa Timur, khususnya di wilayah Surabaya sejak pagi tadi. Acara solidaritas ini dimulai setelah shalat Jum’at pada pukul 13.00 Wib.

Sambil membawa poster bertuliskan ‘Save Uyghur, Duka Uyghur Duka Kita’ ‘Stop Genocide Muslim Uyghur’ ‘We Love Muslim Uyghur’ mereka bertahan di depan gedung Konjen RRC di Surabaya yang dipagari kawat berduri.

“Kita wajib bela Uyghur, kita akan tunjukkan bahwa masih ada yang peduli kepada nasib mereka” teriak salah satu orator.

Perlu diketahui bahwa isu penindasan terhadap Muslim Uyghur telah mendapatkan respon dari berbagai pihak di seluruh dunia, mulai dari tokoh politik, agama hingga pesepak bola ikut mengkritik diamnya pemimpin dunia atas penderitaan muslim Uyghur.

China telah melarang etnis Uyghur menjalankan ibadah keagamaan seperti melarang shalat, puasa bahkan haji. Kehidupan mereka dikekang dan di mata-matai setiap gerakannya. Bahkan dalam sebuah laporan Panel Hak Asasi Manusia PBB pada tahun 2018 mengaku telah menerima banyak laporan terkait adanya satu juta etnis Uighur yang ditahan di sebuah kamp-kamp konsentrasi dalam rangka menjalani indoktrinasi agar sesuai dengan pemahaman ideologi sosialis di China. [] Ni-Bay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *