Ribuan Mahasiswa dari Berbagai Universitas Kepung Kantor DPRD Kota Malang

Malang- Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus di Malang Raya melakukan aksi demonstrasi didepan Kantor DPRD Kota Malang, Senin, (23/9) dengan memakai pakaian serba hitam dan membawa spanduk  bertuliskan memprotes kebijakan pemerintah.

Massa Mahasiswa yang mengatasnamakan Front Rakyat Melawan Oligraki memprotes menolak segala bentuk perundang-undangan  yang merugikan rakyat. Diantaranya, UU KPK dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKHUP), serta UU PKS.

Sambil bergantian berorasi dan membawa spanduk bertuliskan, “Tolak RKHUP Ngawur; RKHUP dengan Cita Rasa Kolonial yang Lebih Kental; Negara Untuk Rakyat Bukan Korporat”. Mereka mengepung Kantor DPRD Kota Malang.

Reni Eka, Koordinator aksi mengatakan bahwa aksi yang mereka lakukan bersama puluhan organisasi di Malang Raya sebagai bentuk dukungan dari aksi yang tengah berlangsung di Jakarta.

“Ada 20 kelompok dan masih bertambah untuk aksi kali ini. Kami berharap bisa sampai ke teman-teman di Jakarta agar terus bersemangat dan nggak kendor dalam menyuarakan aspirasi kita,” kata Reni.

Dalam aksi protes ini ribuan mahasiswa se-Malang Raya juga menyerukan kepada organisasi masyarakat sipil, organisasi agrarian, organisasi lingkungan, organisasi mahasiswa dan organisasi buruh untuk bersatu memperjuangkan kepentingan rakyat.

Fachrudin dari koordinator badan pekerja Malang Corruption Watch (MCW) ketika berorasi dia menyerukan agar mahasiswa bersatu menolak perombakan 72 undang-undang. “Tolak RUU KUHP, tolak RUU Pertanahan, tolak revisi Undang-undang ketenagakerjaan, tolak Undang-undang KPK.” Dalam orasinya.

Hingga siang hari belum ada satu pun anggota dewan yang menemui para demonstran. Sementara ratusan polisi dari Kepolisian Resor Malang dan Brigade Mobil Polda Jawa Timur menjaga agar aksi demonstrasi ini berjalan tertib dan aman, mereka mengamankan aksi dan menutup pintu masuk ke gedung DPRD Kota Malang. [] Nilufar Babayigit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *