Ramadhan Bulan Taubat dan Taat

Oleh : Pramita Dwi Krisnawati (Member Akademi Menulis Kreatif)

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang bulan puasa. Bulan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT. Datangnya bulan ini begitu dinantikan oleh kaum muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini umat muslim berlomba – lomba memperbanyak amal ibadah, karena pada bulan ini semua amalan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Sudah sepantasnya umat Islam bersyukur dan bergembira dapat berjumpa dengan bulan ini.

Tak seperti tahun – tahun sebelumnya, Ramadhan kali ini hadir ditengah wabah covid-19 yang membuat panik semua orang. Sungguh, ini merupakan ujian berat bagi umat muslim. Musibah demi musibah seakan tak ada hentinya menimpa negri tercinta kita ini.

Pandemi ini menjadi teror mematikan bagi seluruh masyarakat di dunia. Pasalnya, virus ini telah menelan ribuan nyawa di dunia. Dan di Indonesia sendiri saat ini dari 2,93 juta orang yang positif terinfeksi covid 19, 203.413 pasien meninggal dunia dan 838.306 dinyatakan sembuh. Data ini dilansir dari kompas.com (26/04/2020)

Lambannya pemerintah dalam menangani wabah ini membuat satu persatu nyawa melayang. Pemberlakuan Social Distancing atau pun PSBB juga tidak sepenuhnya berhasil. Bahkan yang lebih parah lagi dampak dari pandemi ini membuat perekonomian semakin menurun. Banyak karyawan yang di-PHK, rakyat semakin sulit dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Musibah ini seharusnya menjadi refleksi bagi kita semua untuk bersegera memohon ampunan kepada Allah atas segala kemaksiatan yang diperbuat. Mulai dari rakyat kecil hingga penguasa. Begitu banyak syariat Allah yang telah dilanggar dan diabaikan. Hingga Allah memberi peringatan melalui wabah ini.

Momen Ramadhan semestinya menjadi momen taubat kolektif atas segala kemaksiatan serta pengabaian hukum Allah. Ramadhan kali ini seharusnya menjadi titik tolak bagi kita untuk kembali taat kepada aturan Sang Kholiq.

Dan apabila kita ingin musibah ini segera berakhir adalah dengan cara bertaubat dan taat kepada Allah. Sebab, taubat dan taat ini yang akan mengantarkan pada solusi tuntas segala problem di dunia dan membawa obat bagi pandemi covid 19.

Namun taubat ini tidak dapat dilakukan dalam jeratan sistem kapitalis yang bertentangan dengan syariat Islam. Maka bersegeralah kembali kepada syari’at islam. Seperti yang terdapat dalam Al Qur’an Surah Az Zumar 53-54 : Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu ,dan berserah dirilah kepada Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong lagi.

Satu – satunya cara agar syariat Islam diterapkan secara menyeluruh dan totalitas adalah dengan ditegakkannya Daulah Islam dengan Khilafah sebagai institusinya

Tegaknya Khilafah adalah solusi tuntas atas segala problem. Dengan demikian, keberkahan akan dicurahkan bagi seluruh makhluknya. Wallahu ‘alam bishshowwab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *