Perbaiki Niat Dalam Menuntut Ilmu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Nama Anggota:

  • Deka Betari
  • Dnada Dutaryan
  • Dona Adicandra
  • Nadia Meilani Salsabila

(Universitas Indraprasta PGRI, 2021)

 

 

Hampir semua orang mengerti dan mengetahui kepentingan dan keperluan mencari ilmu sekalipun hanya secara umum tidak secara mendetail, terutama umat islam yang diwajibkan dalam agamanya untuk menuntut ilmu tiada terbatas, selama ilmu itu membawa kemaslahatan dalam hidupnya. Tidak semua ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat bagi orang tersebut, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa membawa pemiliknya agar selalu taat pada Allah SWT, dan bisa di amalkan untuk kepentingan bangsa masyarkat, keluarga, dan pribadi khususnya. Karena demi kebahagiaan dunia, semua dicari dengan ilmu, demi kebahagiaan akhirat, juga dengan ilmu. Salah satu syarat mendapatkan ilmu manfaat dan barokah adalah melaksanakan etika dalam belajar.

 

Etika dalam kegiatan belajar merupakan poin penting yang harus dilaksanakan oleh setiap murid dalam menuntu Ilmu dimanapun tempatnya, Maka dari itu akhlak sangat bersinergi dengan ilmu, yang tujuannya adalah mencari Ridho Alloh SWT, mencari keselamatan di akhirat, menghilangkan kebodohan dan meluhurkan agama Islam, tidak boleh diniati untuk mencari pangkat dan lain sebagainya.

 

Menuntut ilmu juga memiliki beberapa penghalang yang menghalangi antara ilmu itu dan orang yang mencarinya. Di antara penghalang tersebut adalah Niat yang Rusak. Hendaklah kita memperbaiki niat kita dalam menuntut ilmu dan menjauhi niat buruk yang hanya untuk memperoleh keuntungan duniawi.

Wallahua’lam bishawab.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.