Pemkot Makassar Keluarkan Surat Edaran Larang Siswa Rayakan Valentine

Oleh : hesti hanjani

Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengeluarkan surat edaran yang melarang pelajar untuk merayakan Valentine. Perayaan Valentine diminta diganti dengan kegiatan sosial.

Berdasarkan surat yang didapatkan detikcom, Kamis (13/2), surat edaran ini ditujukan kepada seluruh kepala sekolah se-Kota Makassar. Surat edaran ini bernomor 800/158/DISPORA/II/2020 dan dikeluarkan pada tanggal 10 Februari 2020.

Menurut saya hal yang dilakukan oleh pihak pemerintah kota makasar sangat tepat , karena sudah sepatut nya kita sebagai muslim memahami apa yang menjadi larangan kita sebagai umat islam. Karena budaya merayakan hari kasih sayang bukan budaya islam.

Seperti yang di ketahui Hari Valentine adalah hari raya bangsa Romawi jahiliah. Hari tersebut terus berlangsung hingga masuknya bangsa Romawi ke dalam agama Nashrani. Hari ini sendiri terkait dengan seorang pastur yang bernama Valentine yang dihukum mati pada tanggal 14 Februari 270 M. Hingga kini hari tersebut masih dirayakan orang-orang kafir dan mereka sebarkan perbuatan zina serta kemungkaran di dalamnya. Dari penjelasan sejarahnya pun sudah sangat jelas itu adalah budaya nasrani dan di beberapa negara seperti arab Saudi , malaysia, pakistan sudah mengeluarkan aturan tetang larangan merayakan hari valentine.

Sebagai muslim sudah di wajibkan untuk kita dapat saling mengasihi sesama muslim, mengasihi anak yatim, mengasihi orangtua serta saudara-saudara kita. Maka dari itu tidak ada hari kasih sayang dalam islam karena kasih sayang terhadap sesama muslim patutlah kita terbakan setiap hari dan kepada siapapun.

Dan sudah sangat jelas dalam islam hanya 2 hari raya yang patut kita rayakan yaitu idul fitri dan idul Adha seperti yang di jelaskan dalam hadist

Q اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا : يَوْمَ الأَضْحَى ، وَيَوْمَ الْفِطْرِ

“Sesungguhnya telah menggantikan untuk kalian dua hari raya yang lebih baik dari kedua hari itu; Idul Adha dan Idul Fithri.” (Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Abu Daud).

Dan bagi mereka yang merayakan hari valentine sesungguhnya mereka termasuk ke dalam golongan munkar seperti yang di sebutkan dalam hadistDari Ibnu Umar berkata, Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Dawud, nauzubillah. Semoga kita senantiasa selalu berada di jalan Allah SWT dan medapat ridho dan syafa’at-NYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *