Pemanfaatan Daun Kelor untuk Meningkatkan Metabolisme Penangkal Covid-19

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Oleh : Nurul Hasanah

Daun kelor banyak tumbuh di negara tropis, termasuk Indonesia. Selama ini masyarakat Indonesia mengenal daun kelor sebagai tanaman penangkal gangguan mistis. Namun, daun kelor juga diyakini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Seperti yang kita ketahui, daun kelor memiliki banyak kandungan di dalamnya. Diantaranya vitamin A, vitamin B, B1, B2, B6, vitamin C, protein, magnesium, kalium, kalsium, besi, fosfor dan lain lain.

Menurut laporan alodokter, daun kelor memiliki beragam manfaat yang dapat diperoleh, seperti :

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut penelitian, daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

2. Mengatasi Peradangan

Peradangan merupakan respons alami dari tubuh terhadap infeksi. Namun, anda bisa mengkonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor dapat dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Daun kelor banyak mengandung kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

4. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak

Kandungan antioksidan di dalam daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Daun kelor juga dipercaya baik untuk mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit.

Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV).

Selain berbagai manfaat di atas, daun kelor juga dipercaya baik untuk mengurangi kolesterol, mengatasi disfungsi ereksi, dan mencegah kambuhnya gejala asma.

Dari berbagai manfaat tersebut, daun kelor sangat dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi daun kelor disaat pandemi seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan. Dengan imunitas yang kuat, maka kita dapat tercegah dari berbagai virus terutama virus covid-19.

Banyak sekali kreatifitas makanan dari olahan daun kelor. Bahkan, siswa-siswi kesehatan saat ini pun banyak meneliti tentang manfaat daun kelor serta mengolahnya menjadi beragam makanan yang lezat.

Dari beragam olahan daun kelor anda bisa mengolah daun kelor dengan memasak, membuat ekstrak atau mengkonsumsi langsung. Misalnya membuat sayur bening, thai tea kelor, nugget kelor, teh kelor, eskrim kelor, lalapan kelor dan olahan lainnya.

Kendati demikian, daun kelor menjadi sangat viral. Banyak produk daun kelor yang dijual bebas berupa teh atau suplemen. Hal ini dapat menjadikan peluang bagi anda yang ingin menjalankan bisnis dengan mudah dan murah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.