Negara Bijak Tahu Sasaran Pajak

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Oleh : Maimurah
Pontianak-Kalimantan Barat

 

Untuk pemulihan ekonomi dampak dari pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat sejak pandemic COVID-19 merebak di Indonesia pada awal Maret 2020. Walikota Edi kantono berujar pemkot memberikan insentif berupa pengurangan pajak untuk hotel dan restoran (www.sindonew.com 9/3).

Umat telah menderita dari akibat pajak yang salah sasaran dan pengelolaanya yang disalah gunakan hingga wacana baru-baru ini yang beredar bahwa akan ada potongan pajak zakat bagi para karyawan. sehingga, hal ini banyak mencekik rakyat jelata. Sementara insentif pengurangan pajak hotel dan restoran diberlakukan seakan-akan ini signal adanya pihak yang diuntungkan atas penguasaan perekonomian Indonesia.

Dalam islam, keputusan negara ketika mengambil kebijakan untuk berhutang atau memungut pajak dibolehkan dengan catatan tindakan dalam kondisi yang sangat membahayakan.

Meskipun pajak dibolehkan pelaksanaanya haruslah tidak melanggar rambu syariat. Hal itupun sebagai bentuk jihad mengatasi beban bersama dan perlu digaris bawahi hanya diwajibkan kepada kaum yang kaya.

Wallahua’lam bishawab.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *