Ngopi lagi Yuk

Oleh: Gus Nur Dampit

Sambil baca2 ringan sekilas kisah Nabi Yusuf.

Ketika dia digoda Zulaikha yg cantiknya selangit, n waktu itu lagi puber kedua… then… akhirnya dipenjara.😔
Nah kisahnya mulai disini… seruput dulu☕☕

QS Yusuf 42.

_*Dan Yusuf berkata kepada orang yang diketahuinya akan selamat diantara mereka berdua: “Terangkanlah keadaanku kepada tuanmu”. Maka syaitan menjadikan dia lupa menerangkan (keadaan Yusuf) kepada tuannya. Karena itu tetaplah dia (Yusuf) dalam penjara beberapa tahun lamanya*_.

Terjemahnya spt itu. Tapi ceritanya; Yusuf itu kepikiran, “saya gak salah kok dihukum, kok di dzolimi”. Maka dia bilang sama pelayan, “mas bro, bilangin raja ada rakyatnya dihukum tanpa salah”.

Si pelayan maunya bilang ke raja, tapi keburu berpapasan setan, entah diajak maen catur entah diajak mancing sampek lupa. Dan lupanya itu sampek bertahun2…😱

Si setan seneng banget, “rasain lu Sup, tak bikin sengsara kamu. Salah sendiri jadi Nabi Allah”. Bangga banget si setan, merasa menang bisa bikin Yusuf lama dipenjara.

Padahal itu semua skenario Allah dlm menegur Yusuf.
“Hai Yusuf, kamu kan Nabi Allah, kekasih Allah. Lha kok bisa-bisanya minta tolong pd raja, minta tolong pd makhluk. Padahal belum diperintah. Kalau kamu berharap pd makhluk, yaudah camping saja dipenjara sampek kamu tobat…”

_the end_.

Karena memang pengen cerita se ayat saja. Menceritakan hubungan Allah dg nabi-Nya. Bahwa para Nabi itu dilarang melakukan sesuatu yg blm diperintahkan…

Nah bedanya dg kita, bahwa perintah kpd kita itu sudah jelas, tegas, komplit, final dan gamblang dijelaskan dlm alquran…. lha kok malah diabaikan🤦‍♂️

Ayat 40 nya sdh disebutkan, _”Al hukmu hanyalah milik Allah. Kita diperintah utk hanya beribadah kpd Allah”_. Beribadah itu pake aturan Allah. Lah kok maunya ngarang2 sendiri🤦‍♂️
Semua aspek yg kita lakukan adalah ibadah. Mulai tidur, ngopi, tidur lagi semuanya ada aturannya. Nggak boleh nyeruput kopi temennya, nggak boleh makan gelasnya juga.. semua ada aturan nya.

Apalagi bernegara, harus pake aturan-Nya juga. Pake hukum-hukumNya. Lah kok bisa2nya pake hukum warisan belanda, pake hukum aneh yg pro koruptor pro penjahat🤦‍♂️🤦‍♂️ itu dikepalanya otak apa singkong rebus🤦‍♂️🤦‍♂️

Makanya negri ini gak bener-bener karena pake hukum2 buatan manusia. Hukum2 yg bisa ditafsiri seenak udel penguasa.

Oleh karena itu kalo mau pinter ngajinya harus bener. Belajar quran itu sama tafsirnya, nggak cukup terjemahnya saja. Gak boleh sendiri, harus berguru juga. Dan sesekali gurunya di kasih kopi, biar suasana makin anget😊☕

Dah sekian dulu sy lagi nunggu tamu ngambil kopi😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *