Mengenal Istana Topkapi di Istanbul

Oleh: Aan Madrus

Istana Topkapi adalah istana tertua di dunia yang sampai sekarang masih berdiri. Itu salah satu fakta menarik tentang Istana Topkapi yang terletak di Istanbul, Turki. Berikut ini adalah fakta menarik lainnya.

Istana Topkapi mulai dibangun sekitar tahun 1465 M atas perintah Sultan Mehmet II. Sultan Mehmet II adalah Sultan Kekaisaran Ustmaniyah (Kekaisaran Ottoman) yang pada tahun 1953 berhasil menjatuhkan Kekaisaran Bizantinum.

Istana Topkapi yang megah dilihat dari Selat Bosphorus (Aan Madrus)
Dua di antara 4 pagar dan pintu gerbang yang membatasi halaman istana. Kokoh sekali, ya!
Istana Topkapi didirikan di atas reruntuhan kuno para kaisar Bizantinum. Istana ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Dari istana ini terlihat keindahan Tanjung Golden Horn, Selat Bosphorus, dan Laut Marmara dengan kapal-kapalnya.

Istana Topkapi dalam bahasa Turki disebut Topkapi Sarayi. Artinya Cannongate Palace atau Istana dengan pintu gerbang berhias meriam. Disebut begitu karena di depan gerbang istana di tampilkan meriam-meriam yang digunakan untuk merebut kota Istanbul yang dulu dikenal sebagai Konstatinopel.

Istana Topkapi yang megah dilihat dari Selat Bosphorus (Aan Madrus)
Taman yang indah di salah halaman istana.
Istana ini merupakan pusat administrasi Kekaisaran Ustmaniyah dan merupakan kediaman Sultan dan keluarganya serta para pelayan setianya. Merupakan istana yang sangat besar dan mewah. Luasnya 700.000 meter persegi. Dikelilingi tembok sepanjang 5 km.

Istana ini merupakan sebuah komplek. Di dalamnya antara lain ada 3 buah istana, dapur yang sangat besar, harem yaitu bangunan tempat tinggal istri-istri kaisar dan anak-anaknya, serta gedung-gedung pemerintah. Istana ini juga memiliki 4 halaman yang luas dengan taman yang indah. Masing-masing halaman dibatasi oleh tembok dan pintu gerbang yang indah.

Istana Topkapi yang megah dilihat dari Selat Bosphorus (Aan Madrus)
Dinding bangunan harem dihiasi dengan keramik warna biru. Indah sekali.
Setelah kekaisaran Utsmaniyah jatuh pada tahun 1921, Presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Atatürk mengeluarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Isinya mengubah Istana Topkapi menjadi museum.

Sebagai museum, Istana Topkapi memiliki banyak koleksi peninggalan. Ada sekitar 300 ribu dokumen yang tersimpan di perpustakaan dan ruang arsip. Selain itu ada itu ada lukisan, perhiasan dan barang pribadi milik sultan dan keluarganya. Terdapat juga beberapa peninggalan yang terkait dengan masa Nabi Muhammad SAW.

Sekarang Istana Topkapi dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *