Memanas Hubungan Indonesia dan China, TNI Jangan Ragu Amankan Kedaulatan Republik Indonesia

Jakarta-SuaraInqilabi- Pasukan TNI diminta untuk tidak ragu-ragu dalam pengamanan wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Natuna yang saat ini diklaim oleh pemerintah komunis China.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris, ketika menanggapi penolakan nota protes Pemerintah Indonesia yang dilayangkan kepada Pemerintah China dan klaim mereka atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna di Kepulauan Riau.

Charles mengatakan, Prajurit jangan ragu dalam memertahankan wilayah kedaulatan bangsa. Menurut Charles, aparat TNI harus sering-sering berpatroli di wilayah Natuna.

“Segenap rakyat Indonesia pastinya mendukung upaya TNI dalam menjaga setiap jengkal wilayah kedaulatan NKRI dari intrusi pihak asing,” katanya dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (4/1/2020).

Charles menmbahkan, sikap Pemerintah China melalui Juru Bicara Kementerian Luar Negerinya yang telah mengklaim perairan Natuna sebagai wilayahnya menunjukkan tidak adanya itikad dalam menghormati kedaulatan Indonesia, bahkan setelah nota protes diplomatik dilayangkan ke negara tersebut mereka masih keukeuh dengan pendiriannya.

“Indonesia harus mengambil sikap yang lebih tegas terhadap RRT (Republik Rakyat Tiongkok/China),” ujar Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR RI itu.

Charles juga menghimbau pemerintah Indonesia untuk meninjau ulang hubungan bilateral dengan China, hubungan bilateral ini bisa ditunda atau bahkan dibatalkan saja. [] Ni-Bay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *