Mati, Kepastian yang Hakiki

Oleh Nurseha Dwi Putri

Suami penyanyi Bunga Citra Lestari alias BCL, Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada Selasa (18/2/2020).Setelah dilarikan ke Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC), Kuningan, Jakarta Selatan, jenazah Ashraf Sinclair pun dibawa ke rumah duka dan tiba di rumah duka yang terletak di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

Kabar meninggalnya suami dari Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair membuat publik kaget. Sebab selama ini Ashraf Sinclair diketahui sehat dan tak menderita suatu riwayat penyakit apapun. Suami dari BCl itu dikenal sebagai sosok yang selalu menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Bahkan, pada malam hari Ashraf masih berolahraga disebuah gym tak jauh dari kediamannya.

Tidak perduli apakah kita sakit ataupun dalam keadaan sehat sekalipun,kematian merupakan kepastian yang akan dialami oleh setiap manusia. Kita berharap agar menghadapi kematian dalam keadaan tunduk dan patuh kepada-Nya. Karena itu, tidaklah terlalu penting kapan kita akan mati, tapi yang penting adalah sejauh mana persiapan menghadapi kematian itu dengan amal saleh.

Hanya di tangan Allah semata pemberian kehidupan. Dan hanya di tanganNya, mengambil kembali yang telah Dia berikan pada ajal yang telah digariskan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali Imran:185].

Maka dari itu, kita sebagai manusia hendaklah selalu mengingat akan datangnya kematian..karena kematian itu pasti dan akan terjadi.

“Dan diutus Nya malaikat malaikat penjaga sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang diantara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat malaikat Kami dan malaikat malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya”. (QS Al An’am : 61).

Apakah kita masih masih bisa berdiam diri? Mengetahui bahwasanya kita semua pasti akan mati dan kembali kepada Sang Maha Pencipta . Marilah kawan, banyak sekali dari kita yang tidak sadar bahwa setiap i
Allah SWT berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ ۗ ثُمَّ اِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ
kullu nafsin zaaa`iqotul-mauut, summa ilainaa turja’uun

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan.”
(QS. Al-‘Ankabut 29: Ayat 57)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *