Hak Rakyat Yang Terabaikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Oleh : Eviyanti (Pendidik Generasi dan Member Akademi Menulis Kreatif)

Pemerintah bersama salah satu parpol di Indonesia tengah melaksanakan aksi kepedulian sosial, mereka menyatakan ini adalah salah satu bentuk kegiatan untuk memperkokoh kekuatan gotong royong.

Seperti yang dilansir oleh pikiranrakyat.com, Minggu (12/07/2020), lewat aksi kepedulian sosial antara TNI-Polri dengan jajaran DPC PDI Perjuangan (PDIP) Garut, serta pemerintahan Kecamatan Karangpawitan. Impian Mak Idah untuk memiliki rumah layak huni akan terwujud. Mak Idah Wati merupakan janda berusia 54 tahun, yang sehari-harinya bertugas mengurus makam Bojong ini adalah warga Kampung Bojong, Desa Lebakagung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. “Mak Idah tinggal disini sudah cukup lama. Beliau ini adalah yang suka bersih-bersih makam Bojong ini. Insya Allah, kami akan melaksanakan kerja bakti gotong royong untuk membangunkan rumah Mak Idah yang layak huni. Bapak Bupati dan Korpri juga ikut membantu untuk terwujudnya pembangunan ini,” ujar Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat.

Indonesia salah satu negara yang masih dibelit oleh masalah sosial. Dan kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dihadapi oleh seluruh pemerintah yang ada di dunia ini. Kemiskinan ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Seperti yang terjadi pada Mak Idah tadi, seorang janda yang mempunyai tempat tinggal kurang layak. Alih-alih pemerintah ingin memperkokoh kekuatan gotong royong dengan membangunkan rumah untuk Mak Idah, padahal ini merupakan hak semua rakyat yang tidak boleh diabaikan oleh negara.

Dalam Islam tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar yang harus di jamin ketersediaannya oleh negara, sebagaimana kebutuhan sandang, pangan, pelayanan kesehatan dan keselamatan.

Allah Swt. memerintahkan penguasa untuk bertanggung jawab atas seluruh urusan rakyatnya, termasuk menjamin kebutuhan pokok mereka. Rasulullah saw bersabda :

“Pemimpin atas manusia adalah pengurus dan ia bertanggung jawab atas rakyat yang dia urus.” (HR. al-Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Semua problematika yang dialami umat saat ini, hanya Islamlah solusinya. Sistem pemerintahan Islamlah yang sesuai dengan fitrah manusia, memuaskan akal dan menentramkan jiwa yang layak diterapkan dalam kehidupan. Karena bersumber dari Sang Pencipta dan pemilik manusia, yakni Allah Swt.

Wallahu a’lam bishshawab

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.