Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDM-PB) Malang: Negara dalam Krisis, Butuh Solusi Sistemik

SuaraInqilabi-Malang- Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDM-PB) ke-3 di Kota Malang (Ahad, 20/10) digelar _full day_ dengan dua sesi (pagi-siang dan siang-sore) tempat berkumpulnya 60an intelektual muslim baik: profesor, doktor, dan magister dari berbagai disiplin ilmu ini digagas oleh panitia pelaksana dalam rangka menyikapi berbagai persoalan teraktual multi-dimensi dengan pemikiran strategis yang dimiliki oleh para cendekiawan muslim.

Di akhir forum yang mengangkat tema “Negara dalam Krisis, Butuh Solusi Sistemik” ini dibacakan Pernyataan Sikap Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa #3 oleh Dr. N. Faqih Syarif H., MSi., pakar Komunikasi Spiritual dan Motivator, berikut petikannya:

Menyikapi berbagai kondisi dan tanda-tanda krisis yang semakin nyata tersebut, maka kami dari Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa bersama ini menyatakan sikap sebagai berikut:

1). Bahwa mengacu pada telaah kritis yang kami lakukan terhadap berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini, kami berpendapat bahwa Indonesia saat ini sesungguhnya sedang mengalami krisis dalam berbagai bidang kehidupan, baik ekonomi, politik, dan sosial budaya. Dimana semakin lama kehidupan negara ini semakin mengarah pada kapitalisme liberal.

2). Bahwa penguasa saat ini belum memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat agar meningkat kesejahteraannya, namun hanya memerankan dirinya sebagai proxy dari kaum kapitalis, yang bekerja keras untuk mewujudkan kepentingan para kapitalis, yang mewujud dalam berbagai produk perundang-undangan yang nyata-nyata berpihak pada para kapitalis, bukan berpihak kepada rakyat.

3). Menyeru kepada intelektual muslim untuk memberikan penyadaran kepada para pengambil kebijakan, politisi, cendekiawan dan para pihak lainnya, bahwa pangkal dari adanya berbagai krisis, carut marut, dan kompleksitas persoalan yang menimpa negeri ini adalah karena diterapkannya sistem kapitalisme liberal.

4). Menyeru intelektual muslim dan tokoh umat yang mempunyai kesadaran kritis untuk terus-menerus membangun kesadaran publik bahwa Islam adalah alternatif solusi yang terbaik untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara guna membangun negara yang tahan terhadap berbagai ancaman krisis multidimensi.

5). Bahwa untuk keluar dari krisis dalam berbagai bidang tersebut, maka tidak cukup hanya melakukan perubahan dan perbaikan secara parsial. Yang diperlukan adalah perubahan dan perbaikan yang fundamental dalam seluruh aspek kehidupan. Itulah yang disebut sebagai perubahan atau perbaikan yang sistemik. Dan perubahan sistemik hanya akan terwujud apabila dimulai dari perubahan ideologi berbangsa dan bernegara kita, dari ideologi kapitalisme liberal yang ekspansif dan eksplotatif, menuju ideologi Islam yang diturunkan oleh Allah SWT.

Demikian point-point pernyataan sikap Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa #3. Nampak keinginan kuat untuk keluar dari krisis akibat kapitalisme liberal dan kembali kepada Islam. [] Slm

One thought on “Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDM-PB) Malang: Negara dalam Krisis, Butuh Solusi Sistemik

  • 22 Oktober 2019 pada 11:54
    Permalink

    Harus ada lebih banyak intelektual yang terlibat dalam forum-forum semacam ini ke depan, sebab Indonesia membutuhkan suara mereka. Intelektual yang telah sadar akan perannya, harus menularkan kesadarannya pada yang lain, sehingga suara dan opini perubahan menuju negeri yang lebih baik akan menggema lebih luas.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *