Bukit Algoritma dan Harapan “Silicon Valley” Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Oleh Firda Umayah, S.Pd (Praktisi Pendidikan)

 

Proyek Bukit Algoritma atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pengembangan Teknologi dan Industri 4.0 di Sukabumi digadang-gadang akan menjadi pusat teknologi mutakhir Indonesia seperti Silicon Valley AS. Bukit Algoritma direncanakan akan menjadi kawasan dengan fungsi yang sama seperti Silicon Valley AS. Rencananya, kawasan ini akan dibangun di atas lahan seluar 888 hektare, yang berlokasi di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi (republika.co.id/13/04/2021).

Politisi PDI Perjuangan sekaligus pendiri Gerakan Inovator 4.0 Budiman Sudjatmiko memastikan pembangunan Bukit Algoritma tak menggunakan dana sepeserpun dari APBN. Ia menjelaskan, rencana proyek senilai 1 miliar euro atau setara hampir sama Rp 18 triliun tersebut berasal dari investor baik dalam dan luar negeri (cnnindonesia.com/11/04/2021).

Rencana baik pemerintah Indonesia dalam upaya mengembangkan proyek teknologi hendaklah dipertimbangkan dengan baik dengan memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan. Tak lupa harus pula memperhatikan dampak dari pengembangan proyek ini seperti kondisi lingkungan dan alam yang hendak dijadikan lokasi pengembangan. Kemandirian negara juga harus ada agar tercipta kemaslahatan bangsa.

Jika dilihat dari rencana pengembangan yang juga sarat akan investasi dari para investor, jelas hal ini sedikit banyak akan mempengaruhi kemandirian dan kedaulatan bangsa dalam menjalankan proyek tersebut. Sehingga, ada kemungkinan bahwa proyek ini hanya menjadi proyek prestisius yang bisa jadi jauh dari kemaslahatan bangsa.

Tak hanya itu, jika proyek ini akan menjadi sarana terdepan dalam perkembangan teknologi bangsa, maka sudah seharusnya pula ada dukungan dari pemerintah. Baik dalam pengadaan riset dan inovasi, dalam bentuk finansial, sarana dan fasilitas pengembangan riset, serta yang lainnya. Pemerintah juga harus benar-benar memastikan bahwa proyek ini demi kemaslahatan bangsa agar tak menjadi proyek yang justru akan menggadaikan kedaulatan bangsa.

Wallahua’lam bishawab.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.