MIUMI: Agama dan Pancasila Sejalan, Jangan Dipertentangkan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Setelah memperhatikan, menelaah, dan mengkaji wawancara Prof. Yudian Wahyudi yang dimuat di detik.com pada hari Rabu tanggal 12 Februari 2020.  Pada wawancaranya tersebut Prof. Yudian Wahyudi menyatakan bahwa “musuh utama Pancasila adalah agama” dan memperhatikan juga respon masyarakat.

Ketua Umum Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Dr. H. Hamid Fahmy Zarkasyi, MA, M.Phil, dalam siaran persnya, belum lama ini, menyatakan bahwa, pernyataan yang disampaikan Prof. Yudian Wahyudi, terutama dalam posisinya sebagai Kepala BPIP, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Guru Besar Studi Islam, adalah pernyataan yang tidak bertanggung jawab  dan membahayakan.

Bahaya karena tidak sesuai dengan nilai historis dan filosofis Pancasila itu sendiri. Lalu, berpotensi memecah belah persatuan bangsa akibat mempertentangkan agama dan Pancasila.

Juga dapat memberikan legitimasi kepada Kelompok ekstrimis, baik agama maupun sekuler, yang berpandangan Pancasila bertentangan dengan agama. Selain itu, merusak citra lembaga BPIP yang misinya adalah memperkuat ketahanan nasional.

MIUMI mendukung pihak-pihak yang melaporkan Prof. Yudian Wahyudi kepada pihak yang berwajib untuk diproses secara hukum karena telah memenuhi unsur-unsur pidana panistaan agama dan membahayakan ketahanan negara.

“Kami memohon kepada Bapak Presiden Joko Widodo untuk mempertimbangkan  kembali jabatan Prof. Yudian Wahyudi  sebagai kepala BPIP dan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Demikian pernyataan Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia ini dibuat sebagai tanggung jawab kami dalam memperkuat persatuan bangsa dan kesatuan Negara Republik Indonesia,” jelas Fahmi. (des/Muslim Choice)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *