Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw Ajak Pengungsi Kembali ke Wamena

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

JAYAPURA – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw meminta para pengungsi kembali ke tempat tinggal mereka di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Menurut Waterpauw, kondisi keamanan Wamena saat ini sudah mulai kondusif.

“Ayo kembali ke Wamena, karena kami menjaga keamanan seluruh warga,” kata Kapolda pada Selasa (1/10), kepada warga yang mengungsi di halaman Masjid Al Aqsa Sentani, Jayapura.

Waterpauw memahami bahwa kerusuhan Wamena telah menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan yang mendorong warga mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman. “Jangan berlarut dalam ketakutan dan trauma karena aparat keamanan siap mengamankan warga dari berbagai gangguan,” kata Waterpauw, yang kembali menjabat sebagai Kapolda Papua mulai Senin (30/9).

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu mengatakan, bahwa kondisi keamanan Wamena sudah mulai kondusif. “Jangan takut, kami ada dan akan melindungi warga dari segala gangguan,” katanya.

Di Kompleks Masjid Al Aqsa, Sentani, ada 115 pengungsi dari Wamena. Sebagian pengungsi mengaku belum memutuskan akan segera kembali ke Wamena.

“Saya dan keluarga ingin pulang dulu memenangkan pikiran di kampung,” kata Fuad, pengungsi dari Wamena yang mengaku sudah 20 tahun tinggal di ibu kota Jayawijaya. [] Andri Saubani

[Rep]

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *