Covid-19 Semakin Meluas, Kemenag: Buka Bersama Ditiadakan, Beribadah di Rumah

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Jakarta-SuaraInqilabi– Umat Islam kemungkinan tidak akan bisa sholat tarawih berjamaah dan buka bersama di bulan suci ramadhan tahun ini dikarenakan epidemi covid-19 yang semakin meluas khususnya di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin yang mana pihaknya telah mengeluarkan pedoman Beribadah Ramadhan di rumah bagi umat muslim di Indonesia.

“Menyambut bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh Indonesia dihimbau agar dalam pelaksanaan ibadah, baik itu shalat dan segala aktivitas terkait bulan suci Ramadhan, diharapkan untuk dijalankan di rumah,” kata Kamaruddin, di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Kamaruddin juga menghimbau masyarakat tidak mengadakan acara buka bersama (bukber) supaya bisa membendung covid-19.

“Kita berharap bukber ditiadakan,” tambahnya.

Selain bukber, ibadah shalat tarawih juga dihimbau untuk dilaksanakan di rumah masing-masing, termasuk Nuzulul Quran dan tadarus Alquran di masjid ditiadakan.

“Kami berharap umat Islam di Indonesia tetap menjaga bersama physical distancing dan berperan bersama dalam memerangi covid-19, Semoga pelaksanaan ibadah di rumah insyaallah tidak mengurangi kualitas ibadah dan pahala karena sedang dalam kondisi darurat,” pungkasnya. [] Gesang

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *