Asma binti Abu Bakar

Oleh : Nabila Nada Ihsani

Riwayat hidup (27SH-73H/595/695)

 

Asma binti abu bakar nasabnya adalah asma binti abdullah, bin abu quhafah bin uthman bin Amir bin Amr bin ka’ab bin Sa’id bin ta’lim bin Murrah bin ka’ab bin lu’ay.

Ayahnya:abu bakar

Ibunya:Qutailah binti Abdul uzza

Suaminya:Zubair bin awwam

Anaknya:Abdullah bin Zubair,Urwah bin Zubair, mundir bin Zubair, Muhajir bin Zubair,dan ‘ashim bin Zubair

Asma merupakan urutan ke 17 dari golongan orang yang pertama masuk Islam

Adalah istri yang baik, penyabar,dan pandai bersyukur. Ia banyak membantu pekerjaan suami nya. Ketika Zubair menikahi asma,ia tidak memiliki apa-apa kecuali kuda,maka asma ikut bantu suami merawat nya.beliau juga istri yang sholihah yang menjaga perasaan suaminya

(Ex:asma bawa kurma dengan perjalanan dua pertiga farsakh/3,4km,beliau nolak di ajak Rasulullah bareng naik unta karn beliau sangat menjaga perasaan suaminya.

Wafatnya: asma merupakan sahabat perempuan Nabi SAW yang di karuniai umur panjang (100th), ia menjadi Muhajir yang terakhir wafat. Asma meninggal tidak lama setelah putranya wafat. Abdullah bin Zubair meninggal pada tahun 73H/692M di Mekkah. dan asma meninggal 10/20 hari setelah Abdullah bin Zubair gugur.

Keutamaan:

1.Sebagai tabib

Keahlian asma dalam masalah pengobatan juga di tunjukkan ketika ada peperangan,dalam perang Yarmuk misalnya,selain  ikut berjaga-jaga  saat prajurit kelelahan,ia juga turut mengobati para prajurit yang butuh pengobatan.

  1. Mempunyai julukan pemilik dua ikat pinggang

Alkisah,ketika Rasulullah dan abu bakar bersiap hijrah di malam hari dengan penuh kecintaan terhadap Islam dan Rasul-nya,ia menyobek selendang nya menjadi dua helai.helai pertama di gunakan untuk menutupi wadah makanan atau bekal Rasulullah,dan sisanya untuk menutupi kepalanya.

 

 

  1. Ikut serta meriwayatkan hadits

Ada sekitar 58 hadits yang dikutip oleh asma.ia juga di kenal sebagai wanita penyair dan pemberani yang mempunyai logika dan bayan.ia tetap melakukan syiar Islam di usia yang sudah lanjut.

AKAN tetapi rumah tangga asma bersmaa Zubair gak bertahan lama,Zubair bersikap keras terhadap asma.

Ada yang bilang :

– karena asma dah usia tua

Pendapat lain

– Zubair memukul asma sehingga asma menjerit manggil Abdullah

 

 

TELADAN:

~ Sabar dan tangguh

(Saat di tampar abu Jahal sehingga anting nya terlepas)

~ Cerdas dan bijak

(Pas abu bakar hijrah dan membawa seluruh hartanya,Abu Quhafah datang untuk menayangkan apakah abu bakar ninggalin harta buat keluarga nya,,, asma tuh numpuk batu lalu di tutupin kain,yang membuktikan bahwa abu bakar masih ninggalin harta buat anak-anaknya dan abu quhafah percaya

~ Ahli ibadah dan taat kepada Allah

Beliau rajin puasa,solat malam,dan selalu takut kepada Allah

~ Dermawan

Para sahabat mengakui nya,dari Abdullah bin Zubair berkata “tidak ku lihat dua orang wnaita yang lebih dermawan daripada Aisyah dan asma” Kedermawanan mereka berbeda. Aisyah suka mengumpulkan sesuatudan setelah banyak lalu di bagikan. sedangkan Asma tidak menyimpan sesuatu untuk besoknya.asma adalah seorang wanita yang dermawan dn pemurah. Saat menderita sakit,asma lalu membebaskan semua hamb sahayanya.

~ Pejuang yang tangguh

Ia sempat ikut pernah Yarmuk bersama suami nya,zubair dan menunjukkan keberanian Umar bin Khattab sangat menghormati asma. Saat menjadi Khalifah, beliau memberi tunjangan untuk asma sebanyak 1.000 dirham.

Suatu saat puteranya mendatanginya,asma yang buta dan sudah berusia 100th. Abdullah berkata kepada ibunya “Wahai Bu bagaimana pendapat mu mengenai orang yang telah meninggal kan aku,begitu juga keluarga ku?”Asma berkata “Jangan biarkan anak-anak kecil Bani Umayyah mempermainkan mu.AHidup lah secara mulia dan matilah secara mulia.Demi Allah sungguh aku mengharapkan kamu mengakhiri kehidupan ini dengan baik”

Sungguh asma adalah teladan bagi para muslimah…

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Editor : Selvi Tridayani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *